Thursday, May 28, 2015

tulisan ke 2 pengetahuan lingkungan

Tugas sofskill yang ke 3 ini saya dituntut untuk membuat tulisan tentang mendekrifsikan dosen mata kuliah pengetahuan lingkungan sebelum itu saya jelaskan secara singkat pengertian dan tugas seorang dosen:
Dosen adalah pendidik  profesional tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, dan pengabdian kepada masyarakat. Tentunya tugas  dosen lebih dari sekedar transfer ilmu saja, tetapi seorang dosen hendaknya mampu mengantarkan generasi muda menuju kemandirian, kematangan berfikir dan keteguhan prinsip dalam ketaatan kepada sang pencipta Allah SWT, sebagaimana tri darma perguruan tinggi, menjelaskan tugas seorang dosen mencakup tiga aspek yaitu pengajar, penelitian dan pengabdian.
Itu lah sedikit tentang peran seorang dosen. Disini saya akan menceritakan tentang dosen sofskill mata kuliah pengetahuan lingkungan yang sekarang mengajar di kelas:
Dosen sofskill mata kuliah pengetahuan lingkungan adalah seorang wanita. Mengajar di salah satu  kelas 3ID05. Seorang dosen yang mampu menjadi teladan dalam lisan maupun dalam perbuatan dikarenakan sikapnya yang baik.
Seorang dosen yang berpakaian sopan dan berhijab dalam mengajar. Serta dosen mengajar sesuai dengan jadwal perkuliahaan dengan tepat waktu.
Seorang dosen yang berwawasan luas dan mengenal mata kuliah yang ia ajarkan, karena pengalaman seorang dosen bermanfaat bagi mahasiswa didiknya sebagai dasar untuk aktivitas belajar. Dosen yang menerapkan teori pembelajaran yang relevan dengan mahasiswa didiknya dan sesuai dengan karakteristik mata kuliah yang dia punya.
Seorang dosen yang memberikan kemudahan kepada mahasiswa didiknya, terbukti saya sebagai mahasiswa tingkat akhir yang mengulang mata kuliah beliau di beri izin untuk mengikuti perkuliahanya dan menghargai mahasiswa didiknya. Sehingga mahasiswanya semangat belajar. Serta mampu menjunjung tinggi kode etik profesi dosen. Dalam hal  interaksi dosen sangat terbuka untuk menerima pernyataan, dan pendapat mahasiswanya mengenai bahan ajar yang dia punya.




No comments: