Tuesday, November 6, 2012

masyarakat desa dan masyarakat kota dalam pembangunan bangsa indonesia


Masyarakat desa dan masyarakat kota dalam pembangunan bangsa Indonesia

Pembangunan bangsa Indonesia sangatlah bergantung pada peranan masyarakat Indonesia. Karena apabila masyarakatnya sendiri tidak peduli akan kemajuan dari pembangunan bangsanya, siapa lagi yang akan peduli terhadap bangsa ini. Masyarakat yang berperan di sini adalah masyarakat di kota, desa, atau bahkan di wilayah yang terpencil sekalipun. Semangat pembangunan inilah yang terkadang terlupakan oleh kita. Misalnya saja di desa, peranan masyarakat sangat membantu untuk dapat meningkatkan potensi-potensi yang ada di pedesaan. Contohnya jika di desa tersebut tersimpan suatu kekayaan alam SDA yang berlimpah, semestinya masyarakat di desa tersebut dapat memanfaatkannya dengan baik dan tidak hanya mengeksploitasinya saja. Sebab dengan hanya mengeksploitasi saja SDA tersebut akan habis dalam waktu singkat.
Masyarakat  juga dapat mengembangkan potensi lainya yang, seperti melakukan pelatihan-pelatihan terhadap warga desa agar dapat menjadi pribadi yang mandiri, serta dapat membuka lapangan pekerjaan baru di tempat mereka berasal sehingga dapat meningkat pendapatan bagi warga desa. Akan tetapi terkadang pemerintah juga tidak memberikan perhatian yang khusus bagi perkembangan di wilayah yang terpencil. Seperti minimnya akses kendaraan yang dapat digunakan untuk mengangkut hasil-hasil produksi dari desa ke kota, serta sarana dan prasarana lainnya yang dapat menyulitkan masyarakat untuk dapat menjual hasil produksi yang telah mereka buat. Hal yang sama juga berlaku bagi masyarakat di perkotaan. Sudah seharusnya masyarakat di kota juga ikut andil dalam pembangunan bangsa dan tidak hanya menunggu hasil dari pembangunan itu sendiri. Kita harus bahu-membahu dalam membangun bangsa ini agar dapat menjadi bangsa yang besar di mata dunia. Hal terpenting yang perlu diingat dalam membangun sebuah bagsa adala kerjasama yang terjalin antara pemerintah dan masyarakat yang sangat diperlukan dalam hal ini.

Opini :
Kemajuan suatu bangsa bukan dilihat dari sejahteranya di satu daerah yaitu ibu kota,masyarakat pedesan juga harus dilibatkan dalam membangun bangsa, pemerintah sekarang memakai otonomi daerah yang dimana setiap daerah mengelolah masing-masih hasil buminya, tetapi pertanyaannya sekarang apakah  masyarakat desa sudah sejahtera , masih banyak daerah yang belum menikmati listrik, air bersih, bahkan ada daerah yang terisolir tidak mendapatkan pengobatan,air bersih, listrik dsb  ini sangat berbeda sekali dengan kehidupan di ibu kota. pemerintah harus berkerja keras bagaimana caranya agar pemeratan antara desa dan ibu kota bisa terwujud.

Sumber :
http://primadia-primadia.blogspot.com/2012/11/masyarakat-desa-dan-masyarakat-kota.html

No comments: